12 December 2009

SekiLas Tentang IP Radio/RoIP

IP Radio sebenarnya adalah istilah umum yang dipakai untuk RoIP (Radio Over Internet Protocol) yang merupakan sebuah teknologi sistem radio yang menggunakan standar Voice over IP (VoIP) dan bekerja melalui perangkat lunak maupun keras . RoIP memiliki stasiun pangkalan yang secara fungsional mengirimkan sinyal kepada seluruh pengakses RoIP. Dan prinsip dasar cara kerja RoIP adalah pemancaran radio menggunakan standar VoIP, yaitu mengubah sinyal audio analog menjadi digital melalui LAN/WAN.


Perangkat-perangkat dalam sistem ini sifatnya independen atau tidak saling bergantung dan perangkat yang berbasis protokol internet (IP) atau gerbang yang dapat mengubahnya ke dalam bahasa IP. Dalam mekanismenya, RoIP memerlukan protokol-protokol penunjang diantaranya, Base Station, IP gateway, Repeater, dan IP Interface.

Adapun variasi-variasi radio yang memanjakan pendengar dan khalayak di dunia untuk menikmati layanannya. Teknologi ini antara lain:
1. High Definition Radio
Sebutan bagi radio dimana hasil audionya diubah menjadi data yang dapat diolah melalui komputer (misalnya ke dalam format .mp3 atau .wav), yang kemudian ditransmisikan melalui radio transmitter dan diterima oleh digital receiver sehingga menghasilkan suara radio yang jernih dan berkualitas mendekati audio yang direkam di compact disc (CD).

2. Satellite Radio Technology
Radio yang disiarkan melalui satelit untuk menjangkau khalayak yang luas. Untuk dapat menikmati layanan radio ini, penerima dapat memasang antena di atap mobil, gedung, maupun rumah sehingga mereka dapat terus mendapatkan sinyal radio dan mengakses informasi dari radio satelit tanpa dibatasi oleh luas sinyal pemancar dan hambatan geografis seperti gedung, gunung.

3. Internet’s Radio Technology
Radio yang disiarkan melalui internet. Teknologi internet streaming membuat pendengar di seluruh dunia dapat mendengarkan radio secara langsung (real-time). Perkembangan wireless internet yang dapat diakses oleh berbagai alat komunikasi yang portable seperti HP, laptop, dan PDA memungkinkan semua siaran radio internet dapat dinikmati dimana pun, kapanpun.

4. Webcast
Stasiun radio di dunia maya yang menggunakan berbagai macam teknologi untuk menyalurkan transmisi secara terus menerus melalui internet. Dengan teknologi ini, mereka tidak perlu mendownload file-file audio satu per satu. Teknologi ini menghadapi masalah baru yang saat ini belum terpecahkan, yaitu pembajakan hak cipta musik dimana pendengar dapat merekam siaran radio kemudian mengeditnya dengan software tertentu sehingga menjadi lagu-lagu yang utuh yang dapat didistribusikan secara digital kepada khalayak.

No comments:

Post a Comment

Just Say Whatever YOU want !!!